Sunday, July 26, 2009

Strategi Pencapaian IKKM/IKKT

( Materi ini merupakan bahan yang disampaikan dalam workshop di BP Dikjur oleh salah satu nara sumber )

Starategi Pencapaian IKKM/IKKT
1.
Akreditasi
Optimalisasi semua aspek yang tercermin di PP No. 19 Tahun 2005
2.
SKL
Kembangkan SKL di atas SKL reguler
Pencapaian prestasi akademik internasional
Pencapaian prestasi Non-akademik internasional
Kembangkan budaya/disiplin yang universal
3.
Kurikulum
Kembangkan KTSP + (KTSP SBI)
Bobot materi dalam KTSP setaraf dengan sekolah di negera-negara OECD
Adaptasi dan adopsi kurikulum dengan kurikulum sekolah negara maju


Proses
Pembelajaran menggunakan Bahasa Inggris untuk mapel tertentu
Semua mata pelajaran dikembangkan berbasis IT
Semua mapel menjadi tauladan sekolah lain
Diperkaya dengan proses pembelajaran dari sekolah unggul (OECD) .... Lakukan melalui Sister school
5.
Penilaian
Diperkaya dengan model penilaian dari sekolah-sekolah unggul
Dikembangkan model penilaian yang berdasarkan karakteristik KD
Penilaian dikembangkan berbasis IT
Dikembangkan model penilaian yang bervariasi


8.
Sarana/ prasarana
Mengembangkan sarana pembelajaran berbasis IT di setiap ruang belajar
Membangun perpustakaan dengan sarana digital
Melengkapi sarana multi media
Melengkapi ruang unjuk kesenian
Melengkapi ruang OR yang berstandar internasional
Melengkapi sarana kesehatan (klinik) di skolah
9.
Pengelolaan
Menerapkan dan mengimplementasikan ISO 9001: 2000 atau sesuadahnya
Membangun sekolah yang berbasis multi-kultural
Membangun “sister school” dengan sekolah di luar negeri yang bermutu
Mengembangkan budaya sekolah yang Bebas narkoba
Mengembangkan budaya sekolah yang Bebas kekerasan
Menerapkan prinsip kesetaraan gender
Meraih medali tingkat internasional

10.
Pembiayaan
Menggali dana untuk pengembangan pemenuhan IKKT
Membangun jaringan penyandang dana
Mengkoordinasikan setiap penyandang dana, termasuk pemerintah daerah
Menggali dana dari masyarakat
Membangun income generating activities sekolah
11.
Lainnya (tambahan)
Membangun sinergi yang komprehensif dan komitmen di semua unsur sekolah (Dinas Pendidikan, Kepala sekolah, guru, komite sekolah, dan warga sekolah secara keseluruhan)

No comments:

Post a Comment