Wednesday, July 15, 2009

Design program RSBI

Pada tanggal 10 s.d 13 Juli 2009, Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Tengah telah menyelenggarakan Workshop Design Program RSBI tingkat Jawa Tengah. Workshop ini diikuti 8 Kabupaten yang terdiri dari : Kota Semarang, Kota Salatiga, Pekalongan, Wonogiri, Klaten,Solo,Sragen, Karanganyar.

Ada tida hal yang melatarbelakangi kegiatan ini, yaitu :
1. Era global.
Dalam Era Global ini keunggulan sumber daya manusia merupakan kunci daya saing yang mampu menjaga kelangsungan hidup. Keunggulan SDM diantaranya ditandai dengan penguasaan tehnologi dan manajemen. Dengan demikian dapat menurunkan biaya produksi, peningkatan nilai tambah dan peningkatan mutu produk.

2. Dasar Hukum RSBI.
Penyelenggaraan RSBI mempunyai dasar yang kuat yaiutu pasal 50 ayat 3 UU Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 dan pasal 50 ayat 7 UUSPN.

3. Filsafat eksistensialisme.
Sesuai dengan filsafat ini, pendidikan harus menyuburkan dan mengembangkan eksistensi peserta didik seoptimal mungkin melaui proses pendidikan yang bermartabat, kreatif, inovatif, eksperimentatif. Dismaping itu pendidkan harus relevan dengan kebutuhan individu, keluarga, kebutuhan bernagai sektor lokal, nasional dan internasional.

Sebagai aktualisasi dari filsafat tersebut maka penyelenggaraan pendidikan berpatokan pada 4 pilar, yaitu : learning to know, learning to do ,learning to be dan learning to live together. 4 pilar tersebut harus ada pada kurikulum, guru, proses belajar mengajar, sarana prasarana dan penilaian.

Dalam pelaksanaan workshop ini diharapkan pada kegiatan - kegiatan praktis, sehingga guru memiliki pengetahuan, wawasan, ketrampilan dan sikap yang sangat bermanfaat dalam rangka peningkatan mutu pendidikan di sekolah.

Biaya kegiatan yang dilaksakan di BP Dikjur Prov. Jateng ini dibebankan pada Dokumen Pelaksana Anggaran ( DPA ) Bidang Dikdas Dinas Pendidika Propinsi Jawa Tengah No. 45/DPA/2008

No comments:

Post a Comment